Selasa, 09 Agustus 2011

belajar memahami kepribadian

code unique:WCPP59JXUSM
blog:http://imagination-our-inspiration.blogspot.com
Buat para sahabat imaginer's pasti kita sering berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain. akan tetapi
apakah kalian tahu kalau misalnya kepribadian dari teman kita tuh berbeda-beda dan cara berkomunikasi yang pas dengan mereka pun pastinya berbeda-beda. diantara mereka ada yang mudah bersahabat, egois, pendiem, keras, pemarah, santai sampai ada yang pendendam. waah..... subhanallah!!! itu adalah karunia Allah SWT sehingga manusia diciptakan untuk saling memahami dan mengerti terhadap sesamanya. itulah variasi kehidupan sehingga hidup kita dipenuhi warna-warna kepribadian teman-teman kita. namun tidak ada salahnya sebagai wujud rasa syukur kita, kita belajar cara memahami kepribadian teman-teman kita. agar kita bisa berkomunikasi dengan menempatkan posisi kita pada keadaan yang baik.
sahabat imaginer's tahu tidak kalau misalnya kepribadiaan seseorang tuch mempunyai suatu pola. Nah lho.... pola itu akan sangat sulit untuk dipahami kalau misalnya kita tidak bisa atau tidak mengerti cara membacanya. oke tidak sabarkan buat bisa mengerti cara membacanya? langsung saja.........:
sahabat imaginer's ada 4 kepribadian yang sangat populer & teori ini sangat sederhana untuk dipahami :

TIPE KEPRIBADIAN KOLERIS
Buat sahabat imaginer's yang belum tau apa sich ciri-ciri kepribadian koleris tuch? ok disini bakal dikupas setajam........KUKU he.....
Orang koleris tuch biasanya orang yang keras, tegas dan sanagat menuntut. Dia tuch punya energi yang besar untuk menjadi seorang pemimpin karena dia mampu melakukan hal-hal yang sulit sekalipun. Merekalah orang yang tidak mudah menyerah untuk melakukan sesuatu hal. Tidak ada dalam kamus orang koleris buat menyerah yang ada "Saya Yakin Bisa". Ada sebuah dorongan yang kuat+keyakinan yang super duber akan kemampuan diri mereka. Uuppz dalam hal ini kalau misalnya mereka punya tujuan dan ada yang menghalangi langkah mereka untuk mencapai tujuannya maka jangan salahin klo kamu dianggap sebagai musuhnya. ingat dia punya keyakinan yang kuat.
Terkadang dan mungkin selalu dalam hidup orang koleris, mereka beranggapan bahwa mereka dilahirkan untuk jadi seorang pemimpin. ya.... ini sich dorongan alamiah karena orang koleris suka banget sama yang namanya "TANTANGAN".  Orang koleris tidak bisa diam, makanya mereka selalu mencari pekerjaan, kegiatan atau apalah yang penting bisa membuat mereka tidak kaya ayam bertelor. mereka berpikir dengan cepat dalam mengambil keputusan. mereka memang bener-bener aktif dan dinamis.
orang koleris mempunyai kebutuhan mendasar berupa tantangan, pilihan dan pengendalian. jumlah mereka tidak terlalu besar dari jumlah populasi paling sekitar 10%.
kehidupan manusia tidak jauh dari masalah & untuk kepribadian yang satu ini bila menghadapi masalah, maka mereka akan mencari jalan keluar yang praktis karena yang terpenting bagi mereka adalah hasil akhirnya. mereka tidak suka dengan orang yang lamban & kalau bicara dengan mereka harus to the point, maka apabila tidak seperti itu akan menjadi hal yang membosankan bagi mereka
keyakinan dan kekuatan yang dimilki orang koleris membuat mereka sanagt unggul ketika ada pada posisi darurat karena mereka mempunyai kemampuan alamiah untuk cepat dalam mengambil keputusan & akhirnya mereka bisa mengatasi setiap masalahnya sendiri. kelemahan orang koleris sebenarnya tidak ada cuman terkadang ketika mereka mengeluarkan kekuatan yang digunakan secara berlebihan, bisa-bisa mereka bisa disebut egois padahal itu adalah hal yang alami buat orang koleris.
mereka tuch jarang banget nangis & mereka juga jarang memberikan perhatian yang hangat karena mereka tuch menunjukkan kasih sayangnya dalam bentuk sesuatu yang dibeli/dihasilkan untuk orang yang mereka sayangi.
 
TIPE KEPRIBADIAN SANGUIN
sekarang kalian pasti sudah menegtahui tentang kepribadian koleris,Nah sahabat imaginer's mulai bandingkan sama kepribadian yang satu ini.
Orang sanguin tuch ramah & suka sama yang namanya bicara. topik apa saja insya allah nyambung dech, coz mereka penuh inspirasi dan aktif banget. kemampuan bicara orang sanguin bisa jadi ladang buat jadi motivator yang hebat dan menyenangkan karena mereka bisa mempengaruhi orang lain dengan gaya bicaranya. tetapi ternyata orang sanguin juga mudah dipengaruhi orang. he..... Gawat kalau begitu mah.....
Orang sanguin biasanya banyak kawannya karena mereka pintar menyenangkan hati orang yang didekatnya dan ditambah rasa humornya yang tinggi, ditambah lagi dengan antusiasme dan sikapnya yang penuh ekspresif. itu sebabnya mereka selalu bisa jadi  bintang.
mereka suka banget jadi pusat perhatian & biasanya suka sama yang namanya pujian dan perhatian. mereka juga mempunyai mimpi-mimpi yang besar & kreatif dalam merencanakannya namun itulah kekurangan orang sanguin cuman pintar bermimpi tetapi kurang terdorong untuk menjadikan mimpi itu sebuah kenyataan makanya Awali langkahmu dengan IMAGINATION dan wujudkanlah. bagaimana mau sukses kalau hanya bisa bermimpi tanpa ada kemauan untuk mewujudkannya. ayo wujudkan dengan usaha dan do'a setelahnya tawakal dech......  hah terkadang orang sanguin juga tidak disiplin & pelupa. jumlah orang sanguin sekitar 25%-30% dari jumlah populasi.
karena faktor solidnya orang sanguin kepada sahabatnya mereka bisa saja melakukan tindakan yang keluar dari nilai yang mereka pegang demi sahabatnya ataupun popularitasnya. tetapi itulah manusia punya kelebihan dan kekurangan. tetapi tetap orang sanguin adalah orang yang menyenangkan, peduli dan mereka selalu kelihatan gembira/ceria.

TIPE KEPRIBADIAN PHLEGMATIS
sekarang kita berlanjut ke kepribadian phlegmatis yang jumlah polulasinya lumayan banyak sekitar 30%-35%. orang phlegmatis tuch tipe orang yang paling menyenangkan untuk jadi sahabat. mereka tuch orang yang manis, tidak mendesak, dan tidak suka memerintah, bisa juga disebut kebalikan dari koleris.
orang phlegmatis mempunyai sifat pemalu dan tidak suka menonjolkan diri. mereka disebut makhluk paling sosial karena menyukai keramaian asalkan keramain itu tidak berpusat pada diri mereka. mereka tidak suka dengan yang namanya konflik dan pertentangan, mereka tuch punya aturan yang baik dalam bergaul. makanya terkadang orang phlegmatis dalam setiap pertengkaran malah jadi penengah yang baik karena mereka tidak mudah tersinggung.
orang phelegmatis terkesan tertutup walaupun mereka suka dengan bersosialisasi. kalau mau pendengar yang baik cari orang phlegmatis. mereka adalah pendengar yang baik dengan selera humor yang muantap. mereka juga bisa dipercaya untuk menyimpan rahasia.
dalam mengerjakan suatu hal mereka hanya bisa menyelesaikan satu hal dalam kurun waktu tertentu. mereka juga suka mengerjakan hal yang bersifat monoton. beda bangetkan sama orang koleris yang ingin dinamis & aktif. orang phlegmatis selalu menerima perintah dengan baik itu sebabnya mereka paling tidak bisa buat berkata "TIDAK" karena mereka orang yang menyerah dan suka menyenangkan orang lain. dan hal inilah yang terkadang disalahgunakan orang untuk memanfaatkan orang kepribadian phlegmatis.  walaupun ia tidak mau melakukannya namun sifatnya yang tidak bisa menolak membuatnya menuruti perintah. orang phlegmatis cenderung memilih kestabilan dan keadaan yang gitu-gitu aja. contohnya nonton film ditempat yang sama, liburan ditempat yang sama dll. orang phlegmatis biasanya orangnya memorian contohnya saja kalau ada surat dari pacar or siapalah pasti dia menyimpannya ditempat yang khusus. tidak hanya itu saja, foto-foto lama juga mereka bakal simpan. ya buat dilihat-lihat lagi kalau misalnya kangen kali he..... . Seneng banget bisa berteman sama orang phlegmatis yang rendah hati, sabar, simpatik.

TIPE KEPRIBADIAN MELANKOLIS
Orang melankolis adalah orang yang serius dan tertutup tetapi jangan salah mereka sangat cerdas dan sangat kritis dalam berpikir. mereka orang yang tekun kalau sedang mengerjakan sesuatu karena mereka melakukan sesautu setahap demi setahap agar mendapatkan hasil yang maksimal. Orang melankolis mempunyai tingkat ketelitian dan ketajaman analisis sehingga terkadang orang melankolis bisa memahami apa yang sebenarnya terjadi. orang melankolis suka melakukan perencanaan dan mengikuti berdasarkan fakta-fakta dan sangat hati-hati dan inilah motto mereka "Rencanakan kerja Anda. Kerjakan rencana Anda".
Orang melankolis sangat berhati-hati, teliti, dan suka curiga, mereka juga menyukai data, fakta, angka-angka dan grafik. semakin detail informasi yang didapat maka mereka akan semakin suka. orang melankolis menuntut ikut aturan & mereka taat mengikuti instruksi dengan seksama. orang melankolis juga tidak suka menjadi pemimpin suatu kelompok, asal tenang dan menyenangkan buat mereka it's ok mereka akan fun-fun saja. mereka orangnya konsisten dan senang menjadi benar, bukan karena mereka merasa lebih baik daripada oranglain tetapi mereka hanya ingin menjadi benar, apalagi yang berhubungan dengan pekerjaan. kalau mereka sudah ngerasa fun mengerjakan dengan cara yang sama maka mereka enggan untuk mengubahnya.Orang melankolis apabila melihat kesalahan maka mereka akan berusaha untuk meningkatkan kinerjanya. Orang melankolis mempunyai kebutuhan yang mendasar berupa jawaban yang bermutu dan didukung dengan data-data yang akurat.
orang melankolis paling tidak mau orang menyinggung perasaannya. kalau misalnya mereka sudah marah sedangkan orang lain yang menyinggung perasaannya tidak minta maaf maka mereka akan menyimpan kemarahan dan dendam untuk waktu yang sangat lama. Oya sobat imaginer's kalau kapan-kapan bertemu dengan orang melankolis dia bertanya "kapan kita berangkat?" awas hati-hati kalian jangan jawab pertanyaannya dengan jawabnya yang masih umum contohnya "besok" mereka tidak butuh jawaban seperti itu tetapi mereka lebih menyukai dengan jawaban " kita akan berangkat besok jam 03 sore". kamu harus berkemas dan siap untuk dijemput tepat jam 1:15. kenapa ya? karena mereka butuh perencanaan, dalam kurun waktu itu kamu bisa bawa koper pakaian dan barang-barang lainnya untuk dipersiapkan dan masih tersisa waktu 45 menit untuk kebandara dan satu jam untuk pemeriksaan dan sampai kegerbang pemberangkatan. walaupun jawabannya sudah detail seperti itu,  tetap saja orang melankolis akan bertanya "apakah kamu yakin waktu kita cukup?" itulah orang melankolis sangat suka membuat perencanaan yang mapan.

nah sahabat imaginer's sekarang pasti sudah mempelajari dan memahami apa saja kepribadian tuch. dengan modal teori kepribadian yang diajarkan oleh Mas Adi Gunawan yang cukup sederhanaan ini mudah-mudahan kita bisa memahami kepribadiaan orang lain dan bisa menempatkan posisi kita pada keadaan yang baik, terkadang kita harus bisa saling memahami keadaan seseorang karena dalam posisi yang lain kita selalu ingin dimengerti. coba dech belajar mengerti posisi orang lain dengan mengetahui kepribadiannya, coba instropeksi diri kita masing-masing jangan hanya bisa bilang "kamu tidak mengerti", "kamu tidak bisa menerima kekuranganku". coba deh renungkan kembali apakah kita sudah bisa mengerti orang atau sudah bisa menerima kekurangan orang? jangan hanya menuntut orang untuk mengerti tetapi kamu juga dituntut untuk mengerti. orang tuch tidak sama alias berbeda-beda.
semoga bermanfaat terima kasih........

jangan lupa klik like dibawah ini......

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar!!!